Amirah Surya Salsabila

NIM : 3170250013
Karya Tugas Akhir Mahasiswa | Desain Komunikasi Visual | Multimedia

Perancangan Motion Graphic Asal Usul Gunung Tangkuban Parahu


Tahun : 2017
Institusi/Kampus : Institut Kesenian Jakarta

Detail Karya:

Pembimbing II:
Dita Rachma Sari, M.Sn.
Diskripsi Karya

Cerita legenda merupakan warisan nenek moyang yang perlu diperkenalkan dan dipertahankan kepada masyarakat Indonesia khususnya remaja. Sangat disayangkan di zaman sekarang remaja sudah mulai lupa akan cerita legenda. Salah satu legenda yang mulai dilupakan adalah legenda Tangkuban Perahu atau Sangkuriang yang berasal dari Jawa Barat. Legenda ini dipercayai masyarakat menjadi latar belakang terbentuknya Gunung Tangkuban Parahu yang menyerupai perahu terbalik. Selain berdasarkan legenda, ada penjelasan secara geologis terkait asal usul terbentuknya Gunung Tangkuban Parahu. Perancangan motion graphic ini  bertujuan untuk memudahkan anak remaja dalam menyerap cerita tersebut. Cerita akan dikemas secara menarik, ringan dan mengedukasi. Hasil perancangan motion graphic ini diharapkan dapat melestarikan legenda Sangkuriang dan dapat menambah wawasan bagi para remaja yang belum          mengetahui asal usul Gunung Tangkuban Parahu secara geografis.

Bagikan Karya Seni Ini:

Pameran Lainnya

Redesain Website Periwisata Sumatera Barat Pelangiholiday.com

Fauzan Ilham

Perancangan Kampanye Belanja Cerdas Online Shopping Untuk Perempuan Usia Produktif Di Jakarta

Nisrina Hasna Indratno

Perancangan Buku Toy Photography Action Figure

David Immanuel Gunawan

Pengaruh Ilustrasi Makoto Shinkai Terhadap Ilustrasi Periklanan Indonesia

Soni’A

Perancangan Video Animasi 2D Agar Anak Aman Ber-Internet / Kala Ber-Internet

Fikri Bagus Darmawan

Perancangan Kampanye Sosial Pemanfaatan Limbah Kain Menjadi barang yang Bernilai

Cipto Noor Seto Hermawan

Perancangan Animasi 3d Cerita Daerah Maluku “ Tanjung Martafons”

Claudio Reinhard Maitimu

Perancangan Picture Book Untuk Memperkenalkan Ragam Bahasa Melayu di Pulau Bangka

Ade Apriyoga

Seperti Apa Kutub Utara?

Elda Miranda

Rancangan Buku Edukasi Bergambar Tentang Permainan Bola Basket Untuk Anak Sekolah Dasar

Ilham Margo Utomo

Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi Pasar Ular Jakarta Utara

Mochammad Billy Desduarta

Perancangan Buku Konseptual Seni Bangkahulu dalam Fantasi

Bagas Pangestu Dalimunthe

Perancangan Animasi Infografis Cara Promosi Brand Pada UMKM Kategori Makanan & Minuman di Masa Pandemi COVID-19

Muhammad Farrel Salman Hakim

Perancangan Animasi Infografis 2D Asal Usul Bekasi “Kota Patriot”

Dadang Yanuar

Perancangan Kampanye Sosial Mengenal Permainan Tradisonal Bogor

Lingga Adhinagara

Branding Kuliner Tradisional Tangerang

Yahya Ayyasy

Perancangan Ilustrasi Seri Untuk Poster Publikasi Wisata Kuliner Malam Di DKI Jakarta

Mahardhika Kreshna Putra

Perancangan Animasi 2d Sejarah Jam Gadang

Hafit Maulana

Perancangan Animasi Infografis 2D Tentang Santun Bermedia Sosial Bagi Remaja Usia 13-18 Tahun

Eygi Yonatan

PERANCANGAN KONSEP GAME PERSONIFIKASI FAUNA INDONESIA MELAWAN PERSONIFIKASI INDUSTRIAL YANG MERUSAK EKOSISTEM. / AngkuRise

Makarim Wibisono

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Dampak Penambangan Timah Ilegal Di Pulau Belitung

MARTINO

Perancangan Buku Ilustrasi Metafora Sebagai Media Edukasi Permasalahan Lingkungan Hidup Di Jakarta

Dandy Kurnia Yudistira

Perancangan Buku Coffee Table Book Tentang Negeri Atas Awan Dieng

Irsyad Abdilah

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Karakter Prabu Siliwangi Legenda Kerajaan Pajajaran

Satria Refialdo

Rancangan Komik Webtoon Cerita Menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi

Annisa Khusnul Khatimah

Perancangan Animasi Dua Dimensi Untuk Kampanye Energi Bersih Terbarukan

Fidelis Edo Rochmahadi

Ada Apa Dengan Lisa?

Ayesha Ratnaningtyas Nurcipto

Perancangan Kampanye Antisipasi Hoaks

Naufal Zaki Azhary

Perancangan Buku Perkembangan Badut Indonesia/Badut Metropolitan

Andy Zirwan Arwaramata

Perancangan Buku Ilustrasi Lima Sekawan: di Pulau Seram karya Enid Blyton

Priscilla H. M. Siahaan

Kisah Putri Campa Permaisuri Kerajaan Majapahit

Livia Madinah

Perancangan Ilustrasi Novel “Hujan” Karya Tere Liye

Hanin Zharifah Amany

Perancangan Animasi 3D “Math is Fun” untuk Siswa Kelas 3 SD

Siti Sri Alifia

Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Kekerasan Verbal Terhadap Anak Usia Dini

Aninda Syifa Nurrachma

Perancangan Motion Graphic Ilustrasi “Sejarah Musik Shoegaze Pada Skena Musik Independen Di Indonesia”/Mixtape History Of Shoegaze

Muhammad Andreansyah

Perancangan Motion Graphic Tentang Kampanye Meningkatkan Kesadaran Pengguna Media Sosial Instagram Terhadap Cyber Bullying

Wildah Amaliah

Perancangan UI/UX Aplikasi Marketplace Tanaman Hias “PLANT ON”

Meidinda Siti Alfiyah

Perancangan Animasi 2D Peraturan Baru Pertandingan Sepak Bola

Ibnu Fadhilah

Desain UI/UX Aplikasi Fresternak

Shafia Samiya

RANCANGAN E-BOOK ILUSTRASI DIGITAL TENTANG MAKANAN KHAS MALUKU

Michael Valentino Max Millian Simauw

Perancangan Buku Panduan Kuliner Khas Pemalang

Achmad Ridho Prawira

Perancangan Kampanye Edukasi Bagi Orang Tua Dalam Menerapkan Body Positivity dan Anti Body Shaming pada Anak

Milenia Aziz

Perancangan ‘Motion Comic Pengenalan Tokoh R.A Kartini’ untuk Siswa Siswi Sekolah Dasar

Estu Mega Nurjanah Putri

Perancangan Motion Comic Cerita Silat Karya Kho Ping Hoo

Lulu Wiratama

Redesain Kemasan Dodol Betawi Mpok Ida

Achmad Dwi Putranto Raharjo

Perancangan Makhluk Kriptid Di Indonesia Dengan Gaya Penggambaran Wayang Kulit

Adinda Tamia Putri

Perancangan Coffee Table Book, Landmark di Kota Jakarta

Annisa Sekarani Yasmin Soekadis

Perancangan Animasi Sejarah Tank Indonesia

Rizqi Akbar Purnama Putra

Perancangan Ilustrasi Simbolik untuk Motion Graphic Lagu “Juwita Malam” Karya Ismail Marzuki Aransemen Trio NonaRia

Maria Aurellia Dyan Putri Utami

Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Pelecehan Seksual Di Transportasi Umum

Afifah Widya Azdhani

City Branding Kota Salatiga

Perdana Kurniawan Arta

Perancangan Sign System Hutan Kota Srengseng

Mochamad Gusti Alfian

Perancangan Infografis Pengenalan Fotografi Melalui Media Sosial TikTok

Nathany Tristan Emmanuella Lumowa

Perancangan Buku Saku Sketsa Urban Kota Depok

Muhammad Emil Zaky Ramadhan

Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Manajemen Sistem Pembelajaran Untuk Pelajar Sekolah Menengah Atas

Bani Al Fatih

Perancangan Buku Edukasi Bergambar Pertolongan Pertama Mimisan dan Luka Lecet untuk Anak-Anak.

Iona Verina Swasti

Perancangan Puzzle Game Sebagai Media Belajar Untuk Anak Kelas 1 SD

Agung Wijaya

3 Patung Gagasan Ir.Soekarno

Muhammad Faturrachman

Perancangan Motion Grafis Tentang Sejarah dan Monumen di Kota Bogor / History of Buitenzorg

Pandu Kurnia

Perancangan Buku Concept Art Personifikasi Senjata Pusaka Tradisional Indonesia / Pusaka

Gheitsa Fadhlillah

Perancangan Virtual Reality Tentang Menjaga Kesehatan Tubuh

Sasi Prasetyo Adhi

Perancangan Animasi Upacara Suci Ngaben di Bali

Radhea Permata Amiralda

Ko Gizi Bang?! Komik Gizi Seimbang Remaja

Meigi Agfa Maulana

Plastic Pollution

Mutiara Fathiah

Perancangan Coffee Table Book Wisata Bali Timur

I Made Wija Prayatna

Narasi Seorang Raga

Abid Maulana

Perancangan Buku Mewarnai Sambil Bahasa Isyarat Bertema Penyayang Anjing

Rafaela Gita Larasati

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Seni Kuda Lumping Khas Cilacap

Tri Himawan Sutanto

Perancangan Motion Graphic Rasi Bintang untuk Pelajar SD

Afif Fachrurrozi

Perancangan Animasi 2 Dimensi Cara Sembahyang Untuk Anak-Anak Umat Hindu

Made Syunji Andhika Mahesthana

Perancangan Buku Ilustrasi Memasak Kolak Biji Salak Bersama Mama/ Memasak Kolak Biji Salak Bersama Mama

Ismi Qomariyah Harsini

Apa itu Sindrom Nefrotik?

Puspa Larasati

Perancangan UI/ UX Aplikasi Daur Ulang Sampah Anorganik Untuk LSM Rumah Induk Harum

David Juniar Adipoetro