Cukup banyak industri hiburan Anime dan Game di Jepang dan di Cina yang menciptakan karakter-karakter dalam Anime dan Game mereka berdasarkan personifikasi benda atau hal lainnya seperti kapal, hewan, makanan, bahkan senjata api yang dampaknya membuat para penikmat Anime dan Game mereka mengetahui sejarah dan fakta-fakta lain terhadap benda itu secara tidak langsung. Di Indonesia, remaja banyak yang tidak mengetahui dan tertarik pada senjata Indonesia seperti karambiak, kujang, mandau dan lainnya ditambah dengan kurangnya buku pengetahuna tentang senjata tradisional Indonesia yang membuat pengetahuan dari senjata-senjata itu tidak banyak di ketahui. Untuk pengumpulan data, metode yang digunakan adalah dengan melakukan kunjungan ke Museum Pusaka Indonesia untuk mengobservasi dan mengumpulkan data-data tertulis baik dari buku maupun internet. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa visualisasi yang menarik dapat menarik perhatian utamanya remaja untuk melirik dan mempelajari tentang senjata tradisional Indonesia. Hasil perancangan buku konsep ini pada akirnya dapat memberikan informasi tentang senjata tradisional Indonesia dan diaplikasikan ke dalam game di Indonesia agar senjata tradisional Indonesia kembali dikenal oleh remaja dan anak muda Indonesia.