Gheitsa Fadhlillah

NIM : 3170250054
Karya Tugas Akhir Mahasiswa | Desain Komunikasi Visual | Ilustrasi

Perancangan Buku Concept Art Personifikasi Senjata Pusaka Tradisional Indonesia / Pusaka


Tahun : 2017
Institusi/Kampus : Institut Kesenian Jakarta

Detail Karya:

Pembimbing I:
Saut Miduk Togatorop, M,Sn
Pembimbing II:
Amir Muchtar, S.Sn., M.Ds.
Diskripsi Karya

Cukup banyak industri hiburan Anime dan Game di Jepang dan di Cina yang menciptakan karakter-karakter dalam Anime dan Game mereka berdasarkan personifikasi benda atau hal lainnya seperti kapal, hewan, makanan, bahkan senjata api yang dampaknya membuat para penikmat Anime dan Game mereka mengetahui sejarah dan fakta-fakta lain terhadap benda itu secara tidak langsung. Di Indonesia, remaja banyak yang tidak mengetahui dan tertarik pada senjata Indonesia seperti karambiak, kujang, mandau dan lainnya ditambah dengan kurangnya buku pengetahuna tentang senjata tradisional Indonesia yang membuat pengetahuan dari senjata-senjata itu tidak banyak di ketahui. Untuk pengumpulan data, metode yang digunakan adalah dengan melakukan kunjungan ke Museum Pusaka Indonesia untuk mengobservasi dan mengumpulkan data-data tertulis baik dari buku maupun internet. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa visualisasi yang menarik dapat menarik perhatian utamanya remaja untuk melirik dan mempelajari tentang senjata tradisional Indonesia. Hasil perancangan buku konsep ini pada akirnya dapat memberikan informasi tentang senjata tradisional Indonesia dan diaplikasikan ke dalam game di Indonesia agar senjata tradisional Indonesia kembali dikenal oleh remaja dan anak muda Indonesia.

Bagikan Karya Seni Ini:

Pameran Lainnya

PERANCANGAN KONSEP GAME PERSONIFIKASI FAUNA INDONESIA MELAWAN PERSONIFIKASI INDUSTRIAL YANG MERUSAK EKOSISTEM. / AngkuRise

Makarim Wibisono

Perancangan Kampanye Sosial Mengenal Permainan Tradisonal Bogor

Lingga Adhinagara

Apa itu Sindrom Nefrotik?

Puspa Larasati

Perancangan ‘Motion Comic Pengenalan Tokoh R.A Kartini’ untuk Siswa Siswi Sekolah Dasar

Estu Mega Nurjanah Putri

Perancangan UI/ UX Aplikasi Daur Ulang Sampah Anorganik Untuk LSM Rumah Induk Harum

David Juniar Adipoetro

Perancangan Coffee Table Book Wisata Bali Timur

I Made Wija Prayatna

Perancangan Kampanye Edukasi Bagi Orang Tua Dalam Menerapkan Body Positivity dan Anti Body Shaming pada Anak

Milenia Aziz

Perancangan Animasi 2d Sejarah Jam Gadang

Hafit Maulana

Perancangan Buku Ilustrasi Lima Sekawan: di Pulau Seram karya Enid Blyton

Priscilla H. M. Siahaan

Perancangan Makhluk Kriptid Di Indonesia Dengan Gaya Penggambaran Wayang Kulit

Adinda Tamia Putri

Perancangan Infografis Pengenalan Fotografi Melalui Media Sosial TikTok

Nathany Tristan Emmanuella Lumowa

Ada Apa Dengan Lisa?

Ayesha Ratnaningtyas Nurcipto

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Seni Kuda Lumping Khas Cilacap

Tri Himawan Sutanto

Perancangan Buku Coffee Table Book Tentang Negeri Atas Awan Dieng

Irsyad Abdilah

Kisah Putri Campa Permaisuri Kerajaan Majapahit

Livia Madinah

Perancangan Buku Perkembangan Badut Indonesia/Badut Metropolitan

Andy Zirwan Arwaramata

Perancangan Motion Graphic Rasi Bintang untuk Pelajar SD

Afif Fachrurrozi

Perancangan Buku Ilustrasi Metafora Sebagai Media Edukasi Permasalahan Lingkungan Hidup Di Jakarta

Dandy Kurnia Yudistira

Perancangan Animasi Infografis Cara Promosi Brand Pada UMKM Kategori Makanan & Minuman di Masa Pandemi COVID-19

Muhammad Farrel Salman Hakim

Perancangan Buku Saku Sketsa Urban Kota Depok

Muhammad Emil Zaky Ramadhan

Perancangan Picture Book Untuk Memperkenalkan Ragam Bahasa Melayu di Pulau Bangka

Ade Apriyoga

3 Patung Gagasan Ir.Soekarno

Muhammad Faturrachman

Perancangan Animasi Infografis 2D Tentang Santun Bermedia Sosial Bagi Remaja Usia 13-18 Tahun

Eygi Yonatan

Seperti Apa Kutub Utara?

Elda Miranda

Redesain Kemasan Dodol Betawi Mpok Ida

Achmad Dwi Putranto Raharjo

Perancangan Motion Graphic Asal Usul Gunung Tangkuban Parahu

Amirah Surya Salsabila

Perancangan UI/UX Aplikasi Marketplace Tanaman Hias “PLANT ON”

Meidinda Siti Alfiyah

Perancangan Buku Ilustrasi Memasak Kolak Biji Salak Bersama Mama/ Memasak Kolak Biji Salak Bersama Mama

Ismi Qomariyah Harsini

Perancangan Puzzle Game Sebagai Media Belajar Untuk Anak Kelas 1 SD

Agung Wijaya

Perancangan Animasi 3D “Math is Fun” untuk Siswa Kelas 3 SD

Siti Sri Alifia

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Karakter Prabu Siliwangi Legenda Kerajaan Pajajaran

Satria Refialdo

Perancangan Animasi Infografis 2D Asal Usul Bekasi “Kota Patriot”

Dadang Yanuar

Perancangan Animasi 2D Peraturan Baru Pertandingan Sepak Bola

Ibnu Fadhilah

Rancangan Komik Webtoon Cerita Menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi

Annisa Khusnul Khatimah

Pengaruh Ilustrasi Makoto Shinkai Terhadap Ilustrasi Periklanan Indonesia

Soni’A

Perancangan Animasi 3d Cerita Daerah Maluku “ Tanjung Martafons”

Claudio Reinhard Maitimu

Redesain Website Periwisata Sumatera Barat Pelangiholiday.com

Fauzan Ilham

Perancangan Buku Mewarnai Sambil Bahasa Isyarat Bertema Penyayang Anjing

Rafaela Gita Larasati

Perancangan Buku Konseptual Seni Bangkahulu dalam Fantasi

Bagas Pangestu Dalimunthe

RANCANGAN E-BOOK ILUSTRASI DIGITAL TENTANG MAKANAN KHAS MALUKU

Michael Valentino Max Millian Simauw

Perancangan Kampanye Sosial Pemanfaatan Limbah Kain Menjadi barang yang Bernilai

Cipto Noor Seto Hermawan

Perancangan Coffee Table Book, Landmark di Kota Jakarta

Annisa Sekarani Yasmin Soekadis

Perancangan Kampanye Belanja Cerdas Online Shopping Untuk Perempuan Usia Produktif Di Jakarta

Nisrina Hasna Indratno

Perancangan Buku Panduan Kuliner Khas Pemalang

Achmad Ridho Prawira

Perancangan Animasi Sejarah Tank Indonesia

Rizqi Akbar Purnama Putra

Perancangan Virtual Reality Tentang Menjaga Kesehatan Tubuh

Sasi Prasetyo Adhi

City Branding Kota Salatiga

Perdana Kurniawan Arta

Desain UI/UX Aplikasi Fresternak

Shafia Samiya

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Dampak Penambangan Timah Ilegal Di Pulau Belitung

MARTINO

Perancangan Kampanye Antisipasi Hoaks

Naufal Zaki Azhary

Perancangan Motion Graphic Tentang Kampanye Meningkatkan Kesadaran Pengguna Media Sosial Instagram Terhadap Cyber Bullying

Wildah Amaliah

Perancangan Video Animasi 2D Agar Anak Aman Ber-Internet / Kala Ber-Internet

Fikri Bagus Darmawan

Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Manajemen Sistem Pembelajaran Untuk Pelajar Sekolah Menengah Atas

Bani Al Fatih

Ko Gizi Bang?! Komik Gizi Seimbang Remaja

Meigi Agfa Maulana

Perancangan Ilustrasi Novel “Hujan” Karya Tere Liye

Hanin Zharifah Amany

Perancangan Motion Comic Cerita Silat Karya Kho Ping Hoo

Lulu Wiratama

Perancangan Buku Edukasi Bergambar Pertolongan Pertama Mimisan dan Luka Lecet untuk Anak-Anak.

Iona Verina Swasti

Perancangan Animasi Dua Dimensi Untuk Kampanye Energi Bersih Terbarukan

Fidelis Edo Rochmahadi

Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Pelecehan Seksual Di Transportasi Umum

Afifah Widya Azdhani

Perancangan Motion Grafis Tentang Sejarah dan Monumen di Kota Bogor / History of Buitenzorg

Pandu Kurnia

Rancangan Buku Edukasi Bergambar Tentang Permainan Bola Basket Untuk Anak Sekolah Dasar

Ilham Margo Utomo

Perancangan Animasi Upacara Suci Ngaben di Bali

Radhea Permata Amiralda

Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Kekerasan Verbal Terhadap Anak Usia Dini

Aninda Syifa Nurrachma

Perancangan Buku Toy Photography Action Figure

David Immanuel Gunawan

Branding Kuliner Tradisional Tangerang

Yahya Ayyasy

Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi Pasar Ular Jakarta Utara

Mochammad Billy Desduarta

Plastic Pollution

Mutiara Fathiah

Narasi Seorang Raga

Abid Maulana

Perancangan Sign System Hutan Kota Srengseng

Mochamad Gusti Alfian

Perancangan Motion Graphic Ilustrasi “Sejarah Musik Shoegaze Pada Skena Musik Independen Di Indonesia”/Mixtape History Of Shoegaze

Muhammad Andreansyah

Perancangan Ilustrasi Simbolik untuk Motion Graphic Lagu “Juwita Malam” Karya Ismail Marzuki Aransemen Trio NonaRia

Maria Aurellia Dyan Putri Utami

Perancangan Animasi 2 Dimensi Cara Sembahyang Untuk Anak-Anak Umat Hindu

Made Syunji Andhika Mahesthana

Perancangan Ilustrasi Seri Untuk Poster Publikasi Wisata Kuliner Malam Di DKI Jakarta

Mahardhika Kreshna Putra