Meidinda Siti Alfiyah

NIM : 3170250078
Karya Tugas Akhir Mahasiswa | Desain Komunikasi Visual | Multimedia

Perancangan UI/UX Aplikasi Marketplace Tanaman Hias “PLANT ON”


Tahun : 2017
Institusi/Kampus : Institut Kesenian Jakarta

Detail Karya:

Pembimbing I:
Teuku Syahnureza, M.Sn
Pembimbing II:
Trie Adiyasa Putra, S.Sn
Diskripsi Karya

Di masa pandemi COVID-19, masyarakat Indonsia mulai mencoba beberapa hobi baru yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang di rumah, salah satunya adalah menanam dan berkebun. Aplikasi “Plant On” membantu masyarakat Indonesia untuk membeli tanaman hias. Aplikasi Plant On akan memudahkan pengguna untuk membeli tanaman hias melalui aplikasi dari handphone tanpa harus mendatangi penjualnya secara langsung. Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan User Interface dan User Experience aplikasi untuk membeli tanaman hias dengan menerapkan program aplikasi multimedia Adobe XD yang dikhususkan untuk merancang sebuah prototipe.

Perancangan antar muka Plant On menggunakan teori mengenai desain UI/UX, prinsip perancangan UI/UX, prinsip kerja desain, prinsip desain aplikasi, komunikasi layout, serta pendalaman psikologi warna sehingga pesan dan kesan yang ingin disampaikan dapat tercapai. Hasil perancangan ini terdiri atas komponen paket; (1) Prototipe desain User Interface dan User Experience aplikasi penjual tanaman hias, (2) Prototipe desain User Interface dan User Experience web p=enjual tanaman hias, (3) Media publikasi, dan (4) Merchandise. Diharapkan sistem pencari ini membantu mayarakat untuk membeli tanaman hias.

 


 

Katalog Pameran: Fresh Idea #3 Kumpulan Karya Yudisium Terbaik 2021

Bagikan Karya Seni Ini:

Pameran Lainnya

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Karakter Prabu Siliwangi Legenda Kerajaan Pajajaran

Satria Refialdo

Perancangan Animasi 2 Dimensi Cara Sembahyang Untuk Anak-Anak Umat Hindu

Made Syunji Andhika Mahesthana

Perancangan Animasi Upacara Suci Ngaben di Bali

Radhea Permata Amiralda

Perancangan Animasi Infografis 2D Tentang Santun Bermedia Sosial Bagi Remaja Usia 13-18 Tahun

Eygi Yonatan

Interior Boutique Hotel di Jakarta Dengan Gaya Memphis HOTEL TAKES

Casey Nova

Perancangan Animasi 3D “Math is Fun” untuk Siswa Kelas 3 SD

Siti Sri Alifia

Perancangan Puzzle Game Sebagai Media Belajar Untuk Anak Kelas 1 SD

Agung Wijaya

Perancangan Buku Ilustrasi Memasak Kolak Biji Salak Bersama Mama/ Memasak Kolak Biji Salak Bersama Mama

Ismi Qomariyah Harsini

Perancangan Picture Book Untuk Memperkenalkan Ragam Bahasa Melayu di Pulau Bangka

Ade Apriyoga

3 Patung Gagasan Ir.Soekarno

Muhammad Faturrachman

Everlasting Romance- Kenangan Bermain dengan Hujan

Azkavhian Arfaza

Pengaruh Ilustrasi Makoto Shinkai Terhadap Ilustrasi Periklanan Indonesia

Soni’A

Perancangan Buku Panduan Kuliner Khas Pemalang

Achmad Ridho Prawira

Perancangan Video Animasi 2D Agar Anak Aman Ber-Internet / Kala Ber-Internet

Fikri Bagus Darmawan

Visualisasi llustrasi Budaya Betawi Melalui Batik

Desita Noviana

Perancangan Buku Toy Photography Action Figure

David Immanuel Gunawan

Perancangan Animasi Infografis 2D Asal Usul Bekasi “Kota Patriot”

Dadang Yanuar

Narasi Seorang Raga

Abid Maulana

Perancangan Animasi 2D Peraturan Baru Pertandingan Sepak Bola

Ibnu Fadhilah

Perancangan Buku Mewarnai Sambil Bahasa Isyarat Bertema Penyayang Anjing

Rafaela Gita Larasati

Ko Gizi Bang?! Komik Gizi Seimbang Remaja

Meigi Agfa Maulana

Perancangan Motion Grafis Tentang Sejarah dan Monumen di Kota Bogor / History of Buitenzorg

Pandu Kurnia

Apa itu Sindrom Nefrotik?

Puspa Larasati

Perancangan Infografis Pengenalan Fotografi Melalui Media Sosial TikTok

Nathany Tristan Emmanuella Lumowa

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Dampak Penambangan Timah Ilegal Di Pulau Belitung

MARTINO

Redesain Kemasan Dodol Betawi Mpok Ida

Achmad Dwi Putranto Raharjo

Interior Bertema Holistic Contemporary Space di DENTAL CENTER JAKARTA

Taqia Hisanah

Seperti Apa Kutub Utara?

Elda Miranda

Perancangan Buku Concept Art Personifikasi Senjata Pusaka Tradisional Indonesia / Pusaka

Gheitsa Fadhlillah

Perancangan Ilustrasi Novel “Hujan” Karya Tere Liye

Hanin Zharifah Amany

Perancangan Buku Saku Sketsa Urban Kota Depok

Muhammad Emil Zaky Ramadhan

Perancangan Ilustrasi Seri Untuk Poster Publikasi Wisata Kuliner Malam Di DKI Jakarta

Mahardhika Kreshna Putra

Plastic Pollution

Mutiara Fathiah

Perancangan Kampanye Edukasi Bagi Orang Tua Dalam Menerapkan Body Positivity dan Anti Body Shaming pada Anak

Milenia Aziz

Perancangan Buku Perkembangan Badut Indonesia/Badut Metropolitan

Andy Zirwan Arwaramata

Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Pelecehan Seksual Di Transportasi Umum

Afifah Widya Azdhani

Perancangan Animasi Dua Dimensi Untuk Kampanye Energi Bersih Terbarukan

Fidelis Edo Rochmahadi

Warna Kuning sebagai Ide dalam Pembuatan Perangkat Makan Keramik

Muhammad Habibunnazar

Perancangan Motion Graphic Ilustrasi “Sejarah Musik Shoegaze Pada Skena Musik Independen Di Indonesia”/Mixtape History Of Shoegaze

Muhammad Andreansyah

Perancangan Kampanye Antisipasi Hoaks

Naufal Zaki Azhary

Perancangan Buku Edukasi Bergambar Pertolongan Pertama Mimisan dan Luka Lecet untuk Anak-Anak.

Iona Verina Swasti

Perancangan Buku Ilustrasi Metafora Sebagai Media Edukasi Permasalahan Lingkungan Hidup Di Jakarta

Dandy Kurnia Yudistira

RANCANGAN E-BOOK ILUSTRASI DIGITAL TENTANG MAKANAN KHAS MALUKU

Michael Valentino Max Millian Simauw

Media Instalasi Seni Lukis Kaca, REFLEKSI PERISTIWA KRISIS 1998 Terhadap Keluarga dan Sekitarnya

Nirwan Sambudi

Ada Apa Dengan Lisa?

Ayesha Ratnaningtyas Nurcipto

Perancangan Buku Ilustrasi Lima Sekawan: di Pulau Seram karya Enid Blyton

Priscilla H. M. Siahaan

Perancangan Animasi Infografis Cara Promosi Brand Pada UMKM Kategori Makanan & Minuman di Masa Pandemi COVID-19

Muhammad Farrel Salman Hakim

PERANCANGAN KONSEP GAME PERSONIFIKASI FAUNA INDONESIA MELAWAN PERSONIFIKASI INDUSTRIAL YANG MERUSAK EKOSISTEM. / AngkuRise

Makarim Wibisono

Perancangan Coffee Table Book Wisata Bali Timur

I Made Wija Prayatna

Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi Pasar Ular Jakarta Utara

Mochammad Billy Desduarta

Perancangan Tato Suku Mentawai sebagai Inspirasi Perancangan Koleksi – CULTURAL REVIVALISM

Nabilla Yudhitya

Perancangan Motion Graphic Rasi Bintang untuk Pelajar SD

Afif Fachrurrozi

Perancangan Animasi 2d Sejarah Jam Gadang

Hafit Maulana

Perancangan Sign System Hutan Kota Srengseng

Mochamad Gusti Alfian

Redesain Website Periwisata Sumatera Barat Pelangiholiday.com

Fauzan Ilham

Perancangan Animasi Sejarah Tank Indonesia

Rizqi Akbar Purnama Putra

Perancangan Motion Graphic Asal Usul Gunung Tangkuban Parahu

Amirah Surya Salsabila

Perancangan Kampanye Sosial Pemanfaatan Limbah Kain Menjadi barang yang Bernilai

Cipto Noor Seto Hermawan

Perancangan Motion Comic Cerita Silat Karya Kho Ping Hoo

Lulu Wiratama

Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Kekerasan Verbal Terhadap Anak Usia Dini

Aninda Syifa Nurrachma

Perancangan ‘Motion Comic Pengenalan Tokoh R.A Kartini’ untuk Siswa Siswi Sekolah Dasar

Estu Mega Nurjanah Putri

Rancangan Komik Webtoon Cerita Menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi

Annisa Khusnul Khatimah

Kisah Putri Campa Permaisuri Kerajaan Majapahit

Livia Madinah

Rancangan Buku Edukasi Bergambar Tentang Permainan Bola Basket Untuk Anak Sekolah Dasar

Ilham Margo Utomo

Desain UI/UX Aplikasi Fresternak

Shafia Samiya

Perancangan Ilustrasi Simbolik untuk Motion Graphic Lagu “Juwita Malam” Karya Ismail Marzuki Aransemen Trio NonaRia

Maria Aurellia Dyan Putri Utami

Perancangan Motion Graphic Tentang Kampanye Meningkatkan Kesadaran Pengguna Media Sosial Instagram Terhadap Cyber Bullying

Wildah Amaliah

Perancangan UI/ UX Aplikasi Daur Ulang Sampah Anorganik Untuk LSM Rumah Induk Harum

David Juniar Adipoetro

City Branding Kota Salatiga

Perdana Kurniawan Arta

Seni Grafis Cetak Tinggi, Deformasi Bentuk Kuliner Betawi

Wirani Putri Rahmania

Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Manajemen Sistem Pembelajaran Untuk Pelajar Sekolah Menengah Atas

Bani Al Fatih

Perancangan Makhluk Kriptid Di Indonesia Dengan Gaya Penggambaran Wayang Kulit

Adinda Tamia Putri

Perancangan Kampanye Sosial Mengenal Permainan Tradisonal Bogor

Lingga Adhinagara

Penanganan Covid-19 Sebagai Inspirasi Perancangan Koleksi Busana – MOVING COURAGEOUSLY

Maria Riskana

Perancangan Virtual Reality Tentang Menjaga Kesehatan Tubuh

Sasi Prasetyo Adhi

Perancangan Coffee Table Book, Landmark di Kota Jakarta

Annisa Sekarani Yasmin Soekadis

Eksplorasi Tekstur Anyam dan Kombinasi Anyam Rotan

Adi Gunawan

Perancangan Kampanye Belanja Cerdas Online Shopping Untuk Perempuan Usia Produktif Di Jakarta

Nisrina Hasna Indratno

Perancangan Buku Coffee Table Book Tentang Negeri Atas Awan Dieng

Irsyad Abdilah

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Seni Kuda Lumping Khas Cilacap

Tri Himawan Sutanto

Menapak Jejak Sang Presiden

Wina Luthfiyya Ipnayati

Perancangan Animasi 3d Cerita Daerah Maluku “ Tanjung Martafons”

Claudio Reinhard Maitimu

Interior Jakarta City Planning Gallery JAKARTA FOR ALL

Yehezkiel B. R. Frans

Pusat Kebudayaan Jerman Di Jakarta Dengan Pendekatan Post Form Follows Function GOETHE-INSTITUT JAKARTA

Connie

Visualisasi Efek Psikologis Rumah Tangga yang Berantakan

Marsilam Sun Lukas

Perancangan Buku Konseptual Seni Bangkahulu dalam Fantasi

Bagas Pangestu Dalimunthe

Branding Kuliner Tradisional Tangerang

Yahya Ayyasy

Impecful Motion

Muhammad Asbi Zohar