David Juniar Adipoetro

NIM : 3170250039
Karya Tugas Akhir Mahasiswa | Desain Komunikasi Visual | Multimedia

Perancangan UI/ UX Aplikasi Daur Ulang Sampah Anorganik Untuk LSM Rumah Induk Harum


Tahun : 2017
Institusi/Kampus : Institut Kesenian Jakarta

Detail Karya:

Pembimbing I:
Dita Rachma Sari, M.Sn
Pembimbing II:
Munzir Fadly, M.Sn
Diskripsi Karya

Penulis membuat karya penciptaan yang berjudul Perancangan UI/ UX Aplikasi Daur Ulang Sampah Anorganik untuk LSM Rumah Induk Harum yang diharapkan dapat meningkatkan kepedulian daur ulang di Sukmajaya, Depok melalui kerjasama Lembaga Swadaya Masyarakat Rumah Induk Harum melalui penyediaan sarana aplikasi yang mengakomodasi nasabah atau calon nasabah kepada bank sampah unit yang sudah ada dan disalurkan kepada bank sampah induk dalam pengolahanya.

Aplikasi dirancang dengan beberapa penyederhanaan yang bertujuan memudahkan efisiensi pengguna serta fokus pada penggalangan aksi peduli lingkungan melalui tematik gaya hidup berkelanjutan yang mengajak pengguna aktif dalam daur ulang mandiri atau melakukan daur ulang mulai dari rumah masing-masing mengingat kondisi era New Normal dimana aktifitas perlu dibatasi. Diharapkan dengan mempermudah akses dan ketersediaan informasi dapat membantu kontribusi masyarakat khususnya pemuda dan remaja karena penulis menilai generasi muda selain sebagai penerus masa yang akan datang, tetapi juga memiliki potensi diri awal untuk meningkatkan diri sehingga perlu diakomodir dengan baik agar terciptanya kerjasama yang terintegrasi dengan baik mulai dari keluarga, pengurus daerah tingkat kecil hingga menengah dan Lembaga Swadaya Masyarakat sebagai pengelolanya.

 


 

 

Lihat Prototype: Aplikasi Daur Ulang Sampah Anorganik Untuk LSM Rumah Induk Harum

Katalog Pameran: Fresh Idea #3 Kumpulan Karya Yudisium Terbaik 2021

Bagikan Karya Seni Ini:

Pameran Lainnya

Perancangan Buku Edukasi Bergambar Pertolongan Pertama Mimisan dan Luka Lecet untuk Anak-Anak.

Iona Verina Swasti

Perancangan Animasi Sejarah Tank Indonesia

Rizqi Akbar Purnama Putra

Redesain Website Periwisata Sumatera Barat Pelangiholiday.com

Fauzan Ilham

Perancangan Buku Mewarnai Sambil Bahasa Isyarat Bertema Penyayang Anjing

Rafaela Gita Larasati

Perancangan Picture Book Untuk Memperkenalkan Ragam Bahasa Melayu di Pulau Bangka

Ade Apriyoga

Perancangan Buku Saku Sketsa Urban Kota Depok

Muhammad Emil Zaky Ramadhan

Perancangan Sign System Hutan Kota Srengseng

Mochamad Gusti Alfian

Interior Bertema Holistic Contemporary Space di DENTAL CENTER JAKARTA

Taqia Hisanah

Perancangan Buku Coffee Table Book Tentang Negeri Atas Awan Dieng

Irsyad Abdilah

Perancangan Kampanye Sosial Pemanfaatan Limbah Kain Menjadi barang yang Bernilai

Cipto Noor Seto Hermawan

Perancangan Motion Graphic Tentang Kampanye Meningkatkan Kesadaran Pengguna Media Sosial Instagram Terhadap Cyber Bullying

Wildah Amaliah

Perancangan Motion Comic Cerita Silat Karya Kho Ping Hoo

Lulu Wiratama

Perancangan Animasi 3D “Math is Fun” untuk Siswa Kelas 3 SD

Siti Sri Alifia

Pengaruh Ilustrasi Makoto Shinkai Terhadap Ilustrasi Periklanan Indonesia

Soni’A

Perancangan Tato Suku Mentawai sebagai Inspirasi Perancangan Koleksi – CULTURAL REVIVALISM

Nabilla Yudhitya

Penanganan Covid-19 Sebagai Inspirasi Perancangan Koleksi Busana – MOVING COURAGEOUSLY

Maria Riskana

Perancangan Puzzle Game Sebagai Media Belajar Untuk Anak Kelas 1 SD

Agung Wijaya

Perancangan ‘Motion Comic Pengenalan Tokoh R.A Kartini’ untuk Siswa Siswi Sekolah Dasar

Estu Mega Nurjanah Putri

Perancangan Kampanye Sosial Mengenal Permainan Tradisonal Bogor

Lingga Adhinagara

Perancangan Motion Grafis Tentang Sejarah dan Monumen di Kota Bogor / History of Buitenzorg

Pandu Kurnia

Perancangan Motion Graphic Rasi Bintang untuk Pelajar SD

Afif Fachrurrozi

Perancangan Animasi 2 Dimensi Cara Sembahyang Untuk Anak-Anak Umat Hindu

Made Syunji Andhika Mahesthana

Perancangan Animasi Dua Dimensi Untuk Kampanye Energi Bersih Terbarukan

Fidelis Edo Rochmahadi

Media Instalasi Seni Lukis Kaca, REFLEKSI PERISTIWA KRISIS 1998 Terhadap Keluarga dan Sekitarnya

Nirwan Sambudi

Perancangan Buku Konseptual Seni Bangkahulu dalam Fantasi

Bagas Pangestu Dalimunthe

Perancangan Buku Concept Art Personifikasi Senjata Pusaka Tradisional Indonesia / Pusaka

Gheitsa Fadhlillah

Perancangan Animasi 3d Cerita Daerah Maluku “ Tanjung Martafons”

Claudio Reinhard Maitimu

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Seni Kuda Lumping Khas Cilacap

Tri Himawan Sutanto

Perancangan Animasi Infografis 2D Asal Usul Bekasi “Kota Patriot”

Dadang Yanuar

Menapak Jejak Sang Presiden

Wina Luthfiyya Ipnayati

Perancangan Animasi 2d Sejarah Jam Gadang

Hafit Maulana

Perancangan Coffee Table Book, Landmark di Kota Jakarta

Annisa Sekarani Yasmin Soekadis

Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Manajemen Sistem Pembelajaran Untuk Pelajar Sekolah Menengah Atas

Bani Al Fatih

PERANCANGAN KONSEP GAME PERSONIFIKASI FAUNA INDONESIA MELAWAN PERSONIFIKASI INDUSTRIAL YANG MERUSAK EKOSISTEM. / AngkuRise

Makarim Wibisono

Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Pelecehan Seksual Di Transportasi Umum

Afifah Widya Azdhani

Rancangan Buku Edukasi Bergambar Tentang Permainan Bola Basket Untuk Anak Sekolah Dasar

Ilham Margo Utomo

Eksplorasi Tekstur Anyam dan Kombinasi Anyam Rotan

Adi Gunawan

Seperti Apa Kutub Utara?

Elda Miranda

Interior Boutique Hotel di Jakarta Dengan Gaya Memphis HOTEL TAKES

Casey Nova

Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Kekerasan Verbal Terhadap Anak Usia Dini

Aninda Syifa Nurrachma

Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi Pasar Ular Jakarta Utara

Mochammad Billy Desduarta

Branding Kuliner Tradisional Tangerang

Yahya Ayyasy

Perancangan Infografis Pengenalan Fotografi Melalui Media Sosial TikTok

Nathany Tristan Emmanuella Lumowa

3 Patung Gagasan Ir.Soekarno

Muhammad Faturrachman

Perancangan Buku Panduan Kuliner Khas Pemalang

Achmad Ridho Prawira

Pusat Kebudayaan Jerman Di Jakarta Dengan Pendekatan Post Form Follows Function GOETHE-INSTITUT JAKARTA

Connie

Narasi Seorang Raga

Abid Maulana

Seni Grafis Cetak Tinggi, Deformasi Bentuk Kuliner Betawi

Wirani Putri Rahmania

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Dampak Penambangan Timah Ilegal Di Pulau Belitung

MARTINO

Visualisasi Efek Psikologis Rumah Tangga yang Berantakan

Marsilam Sun Lukas

Perancangan Animasi Upacara Suci Ngaben di Bali

Radhea Permata Amiralda

Apa itu Sindrom Nefrotik?

Puspa Larasati

Perancangan Buku Toy Photography Action Figure

David Immanuel Gunawan

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Karakter Prabu Siliwangi Legenda Kerajaan Pajajaran

Satria Refialdo

Warna Kuning sebagai Ide dalam Pembuatan Perangkat Makan Keramik

Muhammad Habibunnazar

City Branding Kota Salatiga

Perdana Kurniawan Arta

Ada Apa Dengan Lisa?

Ayesha Ratnaningtyas Nurcipto

Everlasting Romance- Kenangan Bermain dengan Hujan

Azkavhian Arfaza

Perancangan Video Animasi 2D Agar Anak Aman Ber-Internet / Kala Ber-Internet

Fikri Bagus Darmawan

Perancangan Buku Ilustrasi Metafora Sebagai Media Edukasi Permasalahan Lingkungan Hidup Di Jakarta

Dandy Kurnia Yudistira

Impecful Motion

Muhammad Asbi Zohar

RANCANGAN E-BOOK ILUSTRASI DIGITAL TENTANG MAKANAN KHAS MALUKU

Michael Valentino Max Millian Simauw

Perancangan Motion Graphic Asal Usul Gunung Tangkuban Parahu

Amirah Surya Salsabila

Perancangan Ilustrasi Novel “Hujan” Karya Tere Liye

Hanin Zharifah Amany

Visualisasi llustrasi Budaya Betawi Melalui Batik

Desita Noviana

Perancangan Buku Ilustrasi Lima Sekawan: di Pulau Seram karya Enid Blyton

Priscilla H. M. Siahaan

Plastic Pollution

Mutiara Fathiah

Perancangan Coffee Table Book Wisata Bali Timur

I Made Wija Prayatna

Perancangan Motion Graphic Ilustrasi “Sejarah Musik Shoegaze Pada Skena Musik Independen Di Indonesia”/Mixtape History Of Shoegaze

Muhammad Andreansyah

Perancangan Buku Ilustrasi Memasak Kolak Biji Salak Bersama Mama/ Memasak Kolak Biji Salak Bersama Mama

Ismi Qomariyah Harsini

Rancangan Komik Webtoon Cerita Menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi

Annisa Khusnul Khatimah

Kisah Putri Campa Permaisuri Kerajaan Majapahit

Livia Madinah

Perancangan Virtual Reality Tentang Menjaga Kesehatan Tubuh

Sasi Prasetyo Adhi

Perancangan Animasi Infografis Cara Promosi Brand Pada UMKM Kategori Makanan & Minuman di Masa Pandemi COVID-19

Muhammad Farrel Salman Hakim

Ko Gizi Bang?! Komik Gizi Seimbang Remaja

Meigi Agfa Maulana

Redesain Kemasan Dodol Betawi Mpok Ida

Achmad Dwi Putranto Raharjo

Perancangan Kampanye Antisipasi Hoaks

Naufal Zaki Azhary

Perancangan Buku Perkembangan Badut Indonesia/Badut Metropolitan

Andy Zirwan Arwaramata

Perancangan UI/UX Aplikasi Marketplace Tanaman Hias “PLANT ON”

Meidinda Siti Alfiyah

Desain UI/UX Aplikasi Fresternak

Shafia Samiya

Perancangan Ilustrasi Simbolik untuk Motion Graphic Lagu “Juwita Malam” Karya Ismail Marzuki Aransemen Trio NonaRia

Maria Aurellia Dyan Putri Utami

Perancangan Animasi Infografis 2D Tentang Santun Bermedia Sosial Bagi Remaja Usia 13-18 Tahun

Eygi Yonatan

Perancangan Makhluk Kriptid Di Indonesia Dengan Gaya Penggambaran Wayang Kulit

Adinda Tamia Putri

Perancangan Ilustrasi Seri Untuk Poster Publikasi Wisata Kuliner Malam Di DKI Jakarta

Mahardhika Kreshna Putra

Perancangan Kampanye Edukasi Bagi Orang Tua Dalam Menerapkan Body Positivity dan Anti Body Shaming pada Anak

Milenia Aziz

Perancangan Kampanye Belanja Cerdas Online Shopping Untuk Perempuan Usia Produktif Di Jakarta

Nisrina Hasna Indratno

Perancangan Animasi 2D Peraturan Baru Pertandingan Sepak Bola

Ibnu Fadhilah

Interior Jakarta City Planning Gallery JAKARTA FOR ALL

Yehezkiel B. R. Frans