Maria Aurellia Dyan Putri Utami

NIM : 3170250076
Karya Tugas Akhir Mahasiswa | Desain Komunikasi Visual | Ilustrasi

Perancangan Ilustrasi Simbolik untuk Motion Graphic Lagu “Juwita Malam” Karya Ismail Marzuki Aransemen Trio NonaRia


Tahun : 2017
Institusi/Kampus : Institut Kesenian Jakarta

Detail Karya:

Pembimbing I:
Saut Irianto Manik, M.Sn.
Pembimbing II:
Kendra Hanif Paramita, S.Sn.
Diskripsi Karya

Ismail Marzuki adalah sosok komponis legendaris yang telah dianugerahi gelar pahlawan nasional sejak tahun 2004. Nama musikus besar Indonesia ini juga diabadikan sebagai  nama pusat kesenian Jakarta yaitu Taman Ismail Marzuki (Jalan Cikini Raya, No. 73). Tidak  hanya lagu-lagu perjuangannya yang dirawat di sekolah-sekolah sebagai lagu wajib nasional, lagu-lagu beliau yang bertemakan percintaan juga banyak dibawakan oleh musisi-musisi zaman ini. NonaRia, trio yang aktif sejak tahun 2012 merilis album tribute untuk Ismail Marzuki di tahun 2020 dengan judul Sampul Surat NonaRia (Sebuah Persembahan Untuk Ismail Marzuki) dengan warna musik yang berbeda dari musisi-musisi sebelumnya yaitu Swing-Ragtime (sesuai dengan ciri khas NonaRia). Album tersebut berisi 10 lagu, salah satunya adalah lagu Juwita Malam yang memang cukup populer diantara lagu-lagu Ismail Marzuki lainnya. Namun sayangnya video musik yang dirilis Nonaria hanya berupa rekaman pertunjukan mereka di sebuah acara virtual. Berdasarkan fenomena tersebut dilakukanlah studi literatur, kuesioner, serta wawancara untuk mendapatkan informasi dan membentuk gagasan dasar alih wahana lagu Juwita Malam aransemen NonaRia ke bentuk ilustrasi yang kemudian digerakkan menjadi video musik. Lagu yang masih populer di kalangan muda-mudi Indonesia ini perlu dialih wahankan dengan baik sehingga dengan visual yang menarik semakin banyak yang bisa menikmati lagu Juwita Malam aransemen NonaRia.

Katalog Pameran: Pameran Karya Tugas Akhir 2021-2022 Sarjana Desain dan Sarjana Seni

Katalog Pameran: Fresh Idea #3 Kumpulan Karya Yudisium Terbaik 2021

Bagikan Karya Seni Ini:

Pameran Lainnya

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Dampak Penambangan Timah Ilegal Di Pulau Belitung

MARTINO

Pengaruh Ilustrasi Makoto Shinkai Terhadap Ilustrasi Periklanan Indonesia

Soni’A

Menapak Jejak Sang Presiden

Wina Luthfiyya Ipnayati

Perancangan Ilustrasi Budaya Santri di Indonesia Melalui Media Sosial

Noval

Perancangan Buku Saku Sketsa Urban Kota Depok

Muhammad Emil Zaky Ramadhan

Perancangan Buku Ilustrasi Lima Sekawan: di Pulau Seram karya Enid Blyton

Priscilla H. M. Siahaan

PERANCANGAN KONSEP GAME PERSONIFIKASI FAUNA INDONESIA MELAWAN PERSONIFIKASI INDUSTRIAL YANG MERUSAK EKOSISTEM. / AngkuRise

Makarim Wibisono

Perancangan Virtual Reality Tentang Menjaga Kesehatan Tubuh

Sasi Prasetyo Adhi

PREPOSSESS

P u t r i R e z e k i n a

Perancangan Animasi Upacara Suci Ngaben di Bali

Radhea Permata Amiralda

“KREATIF” Bersama Krea dan Atif

Bintari Nur Fitriani

Menukas Desas-Desus

Julio Otto Qasana

Eksplorasi Tekstur Anyam dan Kombinasi Anyam Rotan

Adi Gunawan

Kampanye EdukasiTentang Hak Cipta Karya Ilustrasi

Florenshia Marisa

Apa itu Sindrom Nefrotik?

Puspa Larasati

Rancangan Buku Edukasi Bergambar Tentang Permainan Bola Basket Untuk Anak Sekolah Dasar

Ilham Margo Utomo

Perancangan Motion Graphic Tentang Kampanye Meningkatkan Kesadaran Pengguna Media Sosial Instagram Terhadap Cyber Bullying

Wildah Amaliah

Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Kekerasan Verbal Terhadap Anak Usia Dini

Aninda Syifa Nurrachma

Interior Boutique Hotel di Jakarta Dengan Gaya Memphis HOTEL TAKES

Casey Nova

Redesain Website Periwisata Sumatera Barat Pelangiholiday.com

Fauzan Ilham

Commedia Dell’arte

Zulyauma Afwa Amorin

Perancangan Kampanye Antisipasi Hoaks

Naufal Zaki Azhary

Perancangan Motion Comic Cerita Silat Karya Kho Ping Hoo

Lulu Wiratama

Perancangan Infografis Pengenalan Fotografi Melalui Media Sosial TikTok

Nathany Tristan Emmanuella Lumowa

City Branding Kota Salatiga

Perdana Kurniawan Arta

Perancangan Makhluk Kriptid Di Indonesia Dengan Gaya Penggambaran Wayang Kulit

Adinda Tamia Putri

Perancangan Buku Perkembangan Badut Indonesia/Badut Metropolitan

Andy Zirwan Arwaramata

Perancangan Kampanye Belanja Cerdas Online Shopping Untuk Perempuan Usia Produktif Di Jakarta

Nisrina Hasna Indratno

Perancangan Ilustrasi Novel “Hujan” Karya Tere Liye

Hanin Zharifah Amany

Perancangan Motion Graphic Asal Usul Gunung Tangkuban Parahu

Amirah Surya Salsabila

Perancangan Ulang Kemasan Produk Bedak Kosmetik Lokal Sariayu Martha Tilaar Basic Makeup Series

Niaka Annisa Dara Tito

3 Patung Gagasan Ir.Soekarno

Muhammad Faturrachman

Sengatan Zaman & Polisi Opera

IMRAN RIFA’IE

Perancangan Animasi Infografis 2D Tentang Santun Bermedia Sosial Bagi Remaja Usia 13-18 Tahun

Eygi Yonatan

Eksplorasi Bentuk Kumbang Tanduk Dengan Teknik Intarsia

Ricki Dwi Fitrianto

Perancangan Buku Mewarnai Sambil Bahasa Isyarat Bertema Penyayang Anjing

Rafaela Gita Larasati

Media Instalasi Seni Lukis Kaca, REFLEKSI PERISTIWA KRISIS 1998 Terhadap Keluarga dan Sekitarnya

Nirwan Sambudi

Perancangan Kampanye Edukasi Bagi Orang Tua Dalam Menerapkan Body Positivity dan Anti Body Shaming pada Anak

Milenia Aziz

PREPOSSESS

Anggilda Amanda Hanifah

Ada Apa Dengan Lisa?

Ayesha Ratnaningtyas Nurcipto

Perancangan Motion Grafis Tentang Sejarah dan Monumen di Kota Bogor / History of Buitenzorg

Pandu Kurnia

Perancangan Animasi 2d Sejarah Jam Gadang

Hafit Maulana

Desain UI/UX Aplikasi Fresternak

Shafia Samiya

Perancangan Buku Ilustrasi Memasak Kolak Biji Salak Bersama Mama/ Memasak Kolak Biji Salak Bersama Mama

Ismi Qomariyah Harsini

Perancangan Buku Concept Art Personifikasi Senjata Pusaka Tradisional Indonesia / Pusaka

Gheitsa Fadhlillah

Seri Penyimpangan : Akibat I

Muhammad Khrisna Dwi Putra

Perancangan UI/ UX Aplikasi Daur Ulang Sampah Anorganik Untuk LSM Rumah Induk Harum

David Juniar Adipoetro

Perencanaan Desain Interior Perpustakaan Seni Rupa dan Desain di Jakarta Pusat

N a t a s h a K i r a n a

Perancangan Puzzle Game Sebagai Media Belajar Untuk Anak Kelas 1 SD

Agung Wijaya

First Gate & Wujud Shadow

I Gusti Ayu Rai Tantriyani

Perancangan Animasi 3D “Math is Fun” untuk Siswa Kelas 3 SD

Siti Sri Alifia

Deceptive Lines

F a r a h M a r a n i s

Perancangan Motion Graphic Rasi Bintang untuk Pelajar SD

Afif Fachrurrozi

Perancangan Animasi Infografis 2D Asal Usul Bekasi “Kota Patriot”

Dadang Yanuar

Seni Grafis Cetak Tinggi, Deformasi Bentuk Kuliner Betawi

Wirani Putri Rahmania

Perancangan Animasi Sejarah Tank Indonesia

Rizqi Akbar Purnama Putra

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Karakter Prabu Siliwangi Legenda Kerajaan Pajajaran

Satria Refialdo

Seperti Apa Kutub Utara?

Elda Miranda

Narasi Seorang Raga

Abid Maulana

Perancangan Animasi 3D Tentang Kebijakan Thomas Stamford Raffles pada Masa Kolonialisme di Indonesia untuk Siswa SMA Kelas 11

Raja Fauzan Gani

Warna Kuning sebagai Ide dalam Pembuatan Perangkat Makan Keramik

Muhammad Habibunnazar

Perancangan Desain Aplikasi Imunisasi Wilayah DKI Jakarta

Puan Malika

Perancangan Buku Coffee Table Book Tentang Negeri Atas Awan Dieng

Irsyad Abdilah

Perancangan Animasi Infografis Cara Promosi Brand Pada UMKM Kategori Makanan & Minuman di Masa Pandemi COVID-19

Muhammad Farrel Salman Hakim

Perancangan Kampanye Sosial Pemanfaatan Limbah Kain Menjadi barang yang Bernilai

Cipto Noor Seto Hermawan

Perancangan Picture Book Untuk Memperkenalkan Ragam Bahasa Melayu di Pulau Bangka

Ade Apriyoga

Realitas Hidup Kaum Kerumunan Johar Baru Dalam Karya Seni Grafis Teknik Cetak Tinggi

Haidir Muntaha

Perancangan Sign System Hutan Kota Srengseng

Mochamad Gusti Alfian

Plastic Pollution

Mutiara Fathiah

Buku Cerita Bergambar “Sigale-Gale

Brenda Christovita Daniella Situngkir

Animasi Motion Graphic Marka Jalan

Gita Amalia Sari

Interior Bertema Holistic Contemporary Space di DENTAL CENTER JAKARTA

Taqia Hisanah

Perencanaan Desain Hotel Bintang 5 Dengan Nuansa Eropa Klasik

Hilma Nurkamelia

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Seni Kuda Lumping Khas Cilacap

Tri Himawan Sutanto

Kisah Putri Campa Permaisuri Kerajaan Majapahit

Livia Madinah

Beauty of Sea Floor

Amie Adhayani

Cerita Agung

Elisabet Sekar Kusumawardhana

Perancangan Motion Graphic Ilustrasi “Sejarah Musik Shoegaze Pada Skena Musik Independen Di Indonesia”/Mixtape History Of Shoegaze

Muhammad Andreansyah

Perancangan Coffee Table Book, Landmark di Kota Jakarta

Annisa Sekarani Yasmin Soekadis

Redesain Kemasan Dodol Betawi Mpok Ida

Achmad Dwi Putranto Raharjo

Interior Jakarta City Planning Gallery JAKARTA FOR ALL

Yehezkiel B. R. Frans

Trauma

Mohammad Naufal

Perancangan Komik Online Interaktif Cerita Rakyat “Watu Maladong”

Michelle Josephine Jeasi Wenas

Perancangan Animasi 2D Peraturan Baru Pertandingan Sepak Bola

Ibnu Fadhilah

Perancangan ‘Motion Comic Pengenalan Tokoh R.A Kartini’ untuk Siswa Siswi Sekolah Dasar

Estu Mega Nurjanah Putri

Ko Gizi Bang?! Komik Gizi Seimbang Remaja

Meigi Agfa Maulana

Visualisasi llustrasi Budaya Betawi Melalui Batik

Desita Noviana

Visualisasi Efek Psikologis Rumah Tangga yang Berantakan

Marsilam Sun Lukas

Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Manajemen Sistem Pembelajaran Untuk Pelajar Sekolah Menengah Atas

Bani Al Fatih

Stilasi Alat Olahraga Panahan Sebagai Lampu Hias

Nabella Ayu Wulan

Perancangan Buku Panduan Kuliner Khas Pemalang

Achmad Ridho Prawira

RANCANGAN E-BOOK ILUSTRASI DIGITAL TENTANG MAKANAN KHAS MALUKU

Michael Valentino Max Millian Simauw

Pusat Kebudayaan Jerman Di Jakarta Dengan Pendekatan Post Form Follows Function GOETHE-INSTITUT JAKARTA

Connie

Perancangan Animasi 3d Cerita Daerah Maluku “ Tanjung Martafons”

Claudio Reinhard Maitimu

Rancangan Komik Webtoon Cerita Menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi

Annisa Khusnul Khatimah

Perancangan UI/UX Aplikasi Marketplace Tanaman Hias “PLANT ON”

Meidinda Siti Alfiyah

Perancangan Buku Ilustrasi Metafora Sebagai Media Edukasi Permasalahan Lingkungan Hidup Di Jakarta

Dandy Kurnia Yudistira

Impecful Motion

Muhammad Asbi Zohar

Perancangan Video Animasi 2D Agar Anak Aman Ber-Internet / Kala Ber-Internet

Fikri Bagus Darmawan

Perancangan Animasi 2 Dimensi Cara Sembahyang Untuk Anak-Anak Umat Hindu

Made Syunji Andhika Mahesthana

Motif Batik Pring Sedapur Sebagai Ide Penciptaan Karya Kriya

Erha Riyan Rohmad Hidayat

Branding Kuliner Tradisional Tangerang

Yahya Ayyasy

Everlasting Romance- Kenangan Bermain dengan Hujan

Azkavhian Arfaza

Perancangan Coffee Table Book Wisata Bali Timur

I Made Wija Prayatna

Perancangan Ilustrasi Seri Untuk Poster Publikasi Wisata Kuliner Malam Di DKI Jakarta

Mahardhika Kreshna Putra

Bergerak! & Secangkir Kopi Di Pagi Hari

Susi Necklin

Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Pelecehan Seksual Di Transportasi Umum

Afifah Widya Azdhani

Penanganan Covid-19 Sebagai Inspirasi Perancangan Koleksi Busana – MOVING COURAGEOUSLY

Maria Riskana

Perancangan Buku Edukasi Bergambar Pertolongan Pertama Mimisan dan Luka Lecet untuk Anak-Anak.

Iona Verina Swasti

Perencanaan Desain Interior Hotel The Westin di Jakarta dengan Konsep Modern Luxury

Diajeng Ratih Cahyaning

Perancangan Buku Konseptual Seni Bangkahulu dalam Fantasi

Bagas Pangestu Dalimunthe

Perancangan Animasi Dua Dimensi Untuk Kampanye Energi Bersih Terbarukan

Fidelis Edo Rochmahadi

Perancangan Kampanye Sosial Mengenal Permainan Tradisonal Bogor

Lingga Adhinagara

Perancangan Desain Interior Museum Jurnal istik Antara di Jakarta

Amartya Febiandini

Perancangan Tato Suku Mentawai sebagai Inspirasi Perancangan Koleksi – CULTURAL REVIVALISM

Nabilla Yudhitya

Perancangan Buku Toy Photography Action Figure

David Immanuel Gunawan

Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi Pasar Ular Jakarta Utara

Mochammad Billy Desduarta