Bagas Pangestu Dalimunthe

NIM : 3170250028
Karya Tugas Akhir Mahasiswa | Desain Komunikasi Visual | Ilustrasi

Perancangan Buku Konseptual Seni Bangkahulu dalam Fantasi


Tahun : 2017

Detail Karya:

Pembimbing I:
Bambang Rahadian, M.Sn.
Pembimbing II:
Cantika Clarinta, M.Sn.
Diskripsi Karya

Bengkulu adalah sebuah provinsi di Indonesia. Ibukota nya berada di Kota Bengkulu. Provinsi ini terletak di bagian barat daya Pulau Sumatra. Di Bengkulu terdapat banyak objek wisata dan bangunan bersejarah seperti salah satunya Rumah Fatmawati, istri dari Presiden Soekarno. Walau termasuk bagian dari sejarah Indonesia, Bengkulu masih kalah populer dengan provinsi sekitarnya. Orang-orang terutama di ibukota masih asing dengan keberadaan Provinsi Bengkulu. Ketidaksadaran ini cenderung karena kurangnya minat anak muda untuk mengenal sejarah daerah-daerah di Indonesia dan lebih tertarik untuk membaca komik ataupun buku bergambar yang bersifat imajinatif. Berdasarkan fenomena tersebut melalui metode observasi, studi pustaka, dan analisis data yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dan membentuk sebuah landasan teori, maka penulis melakukan perancangan buku concept tentang landmark fantasi berbasis tempat bersejarah di Kota Bengkulu. Buku concept dipilih karena memiliki daya tarik bagi anak muda agar tidak cepat bosan untuk mengenal. Buku ini sendiri juga akan mengandung genre fantasi yang umumnya kerap digemari. Selain itu, perancangan buku Conceptual Art ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan memberi edukasi kepada anak muda untuk tidak lupa berkarya dan mengambil inspirasi sejarah dan kebudayaan Indonesia, khususnya sejarah Kota Bengkulu dan juga tempat bersejarah yang ada didalamnya.

Katalog Pameran: Fresh Idea #3 Kumpulan Karya Yudisium Terbaik 2021

Bagikan Karya Seni Ini:

Pameran Lainnya

Branding Kuliner Tradisional Tangerang

Yahya Ayyasy

Perancangan Animasi Upacara Suci Ngaben di Bali

Radhea Permata Amiralda

Redesain Kemasan Dodol Betawi Mpok Ida

Achmad Dwi Putranto Raharjo

Perancangan Animasi Infografis Cara Promosi Brand Pada UMKM Kategori Makanan & Minuman di Masa Pandemi COVID-19

Muhammad Farrel Salman Hakim

RANCANGAN E-BOOK ILUSTRASI DIGITAL TENTANG MAKANAN KHAS MALUKU

Michael Valentino Max Millian Simauw

Perancangan Buku Perkembangan Badut Indonesia/Badut Metropolitan

Andy Zirwan Arwaramata

Media Instalasi Seni Lukis Kaca, REFLEKSI PERISTIWA KRISIS 1998 Terhadap Keluarga dan Sekitarnya

Nirwan Sambudi

Perancangan Motion Grafis Tentang Sejarah dan Monumen di Kota Bogor / History of Buitenzorg

Pandu Kurnia

Ada Apa Dengan Lisa?

Ayesha Ratnaningtyas Nurcipto

Perancangan Kampanye Sosial Mengenal Permainan Tradisonal Bogor

Lingga Adhinagara

Perancangan Animasi 2 Dimensi Cara Sembahyang Untuk Anak-Anak Umat Hindu

Made Syunji Andhika Mahesthana

Perancangan Animasi 3D “Math is Fun” untuk Siswa Kelas 3 SD

Siti Sri Alifia

Perancangan Virtual Reality Tentang Menjaga Kesehatan Tubuh

Sasi Prasetyo Adhi

Warna Kuning sebagai Ide dalam Pembuatan Perangkat Makan Keramik

Muhammad Habibunnazar

Perancangan Animasi 2d Sejarah Jam Gadang

Hafit Maulana

Perancangan Kampanye Sosial Pemanfaatan Limbah Kain Menjadi barang yang Bernilai

Cipto Noor Seto Hermawan

Perancangan Buku Mewarnai Sambil Bahasa Isyarat Bertema Penyayang Anjing

Rafaela Gita Larasati

Menapak Jejak Sang Presiden

Wina Luthfiyya Ipnayati

Perancangan Coffee Table Book Wisata Bali Timur

I Made Wija Prayatna

Interior Jakarta City Planning Gallery JAKARTA FOR ALL

Yehezkiel B. R. Frans

Interior Bertema Holistic Contemporary Space di DENTAL CENTER JAKARTA

Taqia Hisanah

Perancangan Motion Graphic Ilustrasi “Sejarah Musik Shoegaze Pada Skena Musik Independen Di Indonesia”/Mixtape History Of Shoegaze

Muhammad Andreansyah

Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Kekerasan Verbal Terhadap Anak Usia Dini

Aninda Syifa Nurrachma

Perancangan Animasi Infografis 2D Tentang Santun Bermedia Sosial Bagi Remaja Usia 13-18 Tahun

Eygi Yonatan

Perancangan Buku Panduan Kuliner Khas Pemalang

Achmad Ridho Prawira

Perancangan Video Animasi 2D Agar Anak Aman Ber-Internet / Kala Ber-Internet

Fikri Bagus Darmawan

Perancangan UI/UX Aplikasi Marketplace Tanaman Hias “PLANT ON”

Meidinda Siti Alfiyah

Perancangan Buku Ilustrasi Lima Sekawan: di Pulau Seram karya Enid Blyton

Priscilla H. M. Siahaan

Perancangan Buku Concept Art Personifikasi Senjata Pusaka Tradisional Indonesia / Pusaka

Gheitsa Fadhlillah

Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi Pasar Ular Jakarta Utara

Mochammad Billy Desduarta

Perancangan Kampanye Belanja Cerdas Online Shopping Untuk Perempuan Usia Produktif Di Jakarta

Nisrina Hasna Indratno

Perancangan Infografis Pengenalan Fotografi Melalui Media Sosial TikTok

Nathany Tristan Emmanuella Lumowa

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Karakter Prabu Siliwangi Legenda Kerajaan Pajajaran

Satria Refialdo

Perancangan Motion Graphic Tentang Kampanye Meningkatkan Kesadaran Pengguna Media Sosial Instagram Terhadap Cyber Bullying

Wildah Amaliah

Perancangan Buku Coffee Table Book Tentang Negeri Atas Awan Dieng

Irsyad Abdilah

Perancangan Sign System Hutan Kota Srengseng

Mochamad Gusti Alfian

Perancangan Ilustrasi Seri Untuk Poster Publikasi Wisata Kuliner Malam Di DKI Jakarta

Mahardhika Kreshna Putra

Rancangan Komik Webtoon Cerita Menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi

Annisa Khusnul Khatimah

Perancangan Ilustrasi Simbolik untuk Motion Graphic Lagu “Juwita Malam” Karya Ismail Marzuki Aransemen Trio NonaRia

Maria Aurellia Dyan Putri Utami

Perancangan Animasi 2D Peraturan Baru Pertandingan Sepak Bola

Ibnu Fadhilah

3 Patung Gagasan Ir.Soekarno

Muhammad Faturrachman

PERANCANGAN KONSEP GAME PERSONIFIKASI FAUNA INDONESIA MELAWAN PERSONIFIKASI INDUSTRIAL YANG MERUSAK EKOSISTEM. / AngkuRise

Makarim Wibisono

Impecful Motion

Muhammad Asbi Zohar

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Seni Kuda Lumping Khas Cilacap

Tri Himawan Sutanto

Perancangan UI/ UX Aplikasi Daur Ulang Sampah Anorganik Untuk LSM Rumah Induk Harum

David Juniar Adipoetro

Perancangan ‘Motion Comic Pengenalan Tokoh R.A Kartini’ untuk Siswa Siswi Sekolah Dasar

Estu Mega Nurjanah Putri

Perancangan Buku Ilustrasi Metafora Sebagai Media Edukasi Permasalahan Lingkungan Hidup Di Jakarta

Dandy Kurnia Yudistira

Perancangan Kampanye Edukasi Bagi Orang Tua Dalam Menerapkan Body Positivity dan Anti Body Shaming pada Anak

Milenia Aziz

Perancangan Animasi Infografis 2D Asal Usul Bekasi “Kota Patriot”

Dadang Yanuar

Perancangan Buku Toy Photography Action Figure

David Immanuel Gunawan

Perancangan Motion Graphic Rasi Bintang untuk Pelajar SD

Afif Fachrurrozi

Perancangan Puzzle Game Sebagai Media Belajar Untuk Anak Kelas 1 SD

Agung Wijaya

Kisah Putri Campa Permaisuri Kerajaan Majapahit

Livia Madinah

Perancangan Picture Book Untuk Memperkenalkan Ragam Bahasa Melayu di Pulau Bangka

Ade Apriyoga

City Branding Kota Salatiga

Perdana Kurniawan Arta

Perancangan Animasi 3d Cerita Daerah Maluku “ Tanjung Martafons”

Claudio Reinhard Maitimu

Apa itu Sindrom Nefrotik?

Puspa Larasati

Pusat Kebudayaan Jerman Di Jakarta Dengan Pendekatan Post Form Follows Function GOETHE-INSTITUT JAKARTA

Connie

Penanganan Covid-19 Sebagai Inspirasi Perancangan Koleksi Busana – MOVING COURAGEOUSLY

Maria Riskana

Seni Grafis Cetak Tinggi, Deformasi Bentuk Kuliner Betawi

Wirani Putri Rahmania

Ko Gizi Bang?! Komik Gizi Seimbang Remaja

Meigi Agfa Maulana

Pengaruh Ilustrasi Makoto Shinkai Terhadap Ilustrasi Periklanan Indonesia

Soni’A

Interior Boutique Hotel di Jakarta Dengan Gaya Memphis HOTEL TAKES

Casey Nova

Rancangan Buku Edukasi Bergambar Tentang Permainan Bola Basket Untuk Anak Sekolah Dasar

Ilham Margo Utomo

Eksplorasi Tekstur Anyam dan Kombinasi Anyam Rotan

Adi Gunawan

Seperti Apa Kutub Utara?

Elda Miranda

Perancangan Buku Ilustrasi Memasak Kolak Biji Salak Bersama Mama/ Memasak Kolak Biji Salak Bersama Mama

Ismi Qomariyah Harsini

Perancangan Motion Graphic Asal Usul Gunung Tangkuban Parahu

Amirah Surya Salsabila

Perancangan Buku Edukasi Bergambar Pertolongan Pertama Mimisan dan Luka Lecet untuk Anak-Anak.

Iona Verina Swasti

Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Edukasi Dampak Penambangan Timah Ilegal Di Pulau Belitung

MARTINO

Perancangan Animasi Dua Dimensi Untuk Kampanye Energi Bersih Terbarukan

Fidelis Edo Rochmahadi

Perancangan Motion Comic Cerita Silat Karya Kho Ping Hoo

Lulu Wiratama

Everlasting Romance- Kenangan Bermain dengan Hujan

Azkavhian Arfaza

Perancangan Kampanye Antisipasi Hoaks

Naufal Zaki Azhary

Visualisasi Efek Psikologis Rumah Tangga yang Berantakan

Marsilam Sun Lukas

Perancangan Coffee Table Book, Landmark di Kota Jakarta

Annisa Sekarani Yasmin Soekadis

Narasi Seorang Raga

Abid Maulana

Visualisasi llustrasi Budaya Betawi Melalui Batik

Desita Noviana

Perancangan Animasi Sejarah Tank Indonesia

Rizqi Akbar Purnama Putra

Plastic Pollution

Mutiara Fathiah

Desain UI/UX Aplikasi Fresternak

Shafia Samiya

Perancangan Ilustrasi Novel “Hujan” Karya Tere Liye

Hanin Zharifah Amany

Redesain Website Periwisata Sumatera Barat Pelangiholiday.com

Fauzan Ilham

Perancangan Buku Saku Sketsa Urban Kota Depok

Muhammad Emil Zaky Ramadhan

Perancangan Tato Suku Mentawai sebagai Inspirasi Perancangan Koleksi – CULTURAL REVIVALISM

Nabilla Yudhitya

Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Manajemen Sistem Pembelajaran Untuk Pelajar Sekolah Menengah Atas

Bani Al Fatih

Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Pelecehan Seksual Di Transportasi Umum

Afifah Widya Azdhani

Perancangan Makhluk Kriptid Di Indonesia Dengan Gaya Penggambaran Wayang Kulit

Adinda Tamia Putri